• Pelayanan Bahan Pustaka
Modul 6
LAYANAN PENINGKATAN MINAT BACA
Modul 6
LAYANAN PENINGKATAN MINAT BACA
• Prof.Dr.Harsya W.Bachtiar
• Orang menjadi kalau banyak membaca
• soal
1) Apa yang anda lakukan sebagai pustakawan untuk menyadarkan khalayak bahwa membaca itu sangat penting ?
2) Siapa saja peran serta agar masyarakat gemar membaca?
3) Apa arti dari sloga “ membaca membuka jendela dunia “
v Peningkatan minat baca adalah suatu hal yang sangat penting, tetapi seolah dilupakan orang. Kita mempercayakan pembinaan ini kepada sekolah, tetapi ternyata sekolah tidak berhasil
v Mutu sekolah dari berbagai tingkatan terus merosot.
v Orang tua sebenarnya juga harus ikut meningkatkan minat baca anak dirumah
• Bacaan anak laki-laki tidak sama dengan anak perempuan
• Jangan paksa anak remaja membaca buku seperti yang kita inginkan
• Membaca mendorong kita untuk berpikir selain itu memperoleh pengalaman yang tidak terhingga
• Dengan bacaan kita bisa mengetahui bagaimana orang-orang India di AS dibantai, bagaimana pangeran Diponegoro menghadapi peluru tentara Belanda
ü Cara meningkatkan minat baca bagi orang AS ialah dengan jalan menyediakan buku-buku di perpustakaan, terutama di perpustakaan sekolah, alternatif lain perpustakaan umum
ü Kedua jenis perpustakaan ini hidup dengan baik karena pajak
ü Dari perpustakaan kita bisa memperoleh banyak ide. Tetapi di negara kita, perpustakaan belum membudaya
ü Memang zaman Belanda sudah ada perpustakaan , tetapi itu untuk kepentingan mereke. Rakyat di pedesaan belum mengerti apakah perpustakaan itu
• Kemampuan dan teknik membaca
Menurut Tjipto Utomo
- Membaca mencari arah
- Membaca secara global
- Membaca untuk mencari sesuatu hal penting
- Membaca untuk belajar
- Membaca dengan sikap kritis
• Membaca mencari arah
• Memeriksa judul buku
• Nama pengarang
• Tahun terbit
• Membaca secara global
• Isi pokok
• Keterangan penting
• Memperhatikan tiap paragraf ( kalimat pertama dari suatu paragraf biasanya mengandung isi dari paragraf), kalimat terakhir berisi kesimpulan dari paragraf )
• Maksud membaca secara global
• Membaca tahap persiapan sebelum kita membacanya secara rinci
• Mudah diingat karena membaca secara garis besar
• Mencari hal-hal baru, misal dalam rangka menyusun skripsi
• Untuk memilih bahan yang diperlukan
• Untuk membaca buku yang dianjurkan
• Membaca untuk mencari
• Membaca untuk menetukan kata-kata, angka-angka, nama-nama atau pemikiran penting yang terkandung dalam bahan bacaan
• Membaca untuk belajar
• Pada dasarnya membaca untuk belajar ialah untuk mengerti
• Dalammmembaca boleh membuat coret-coretan untuk membantu mengerti suatu masalah
• Garis bawah pada setiap kata atau kalimat yang dianggap penting
• Membuat catatan tersendiri
• Membuat bagan atau ringkasan
• Membaca dengan sikap kritis
• Teknik ini digunakan oleh dosen dalam pembimbingan skripsi.
• Fungsinya untuk memberikan penilaian apakah bahan yang dibaca tersebut benar, logis, urut, enak dibaca dan mudah dimengerti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar